3 Days Journey to Ujung Genteng Beach... The South Nirwana^^

Yippiee!!! akhirnya dapet mood buat nge-post cerita... meskipun waktunya agak ga pas..karena ini udah H-3 ujian..hoho.. dan ditengah pengerjaan skripsi yg terbengkalayyyy.. haha.. (tertawa tragis.. manic mode:ON)

Ok..

lets start the journey..

Day-1:
Hmm.. sebenernya perjalanan ini sudah direncanakan dari jauh2 hari.. tapi entah mengapa setiap kami (saya & erika) merencanakan sesuatu, selalu berujung pada ketidakjelasan..hoho.
Pun dengan perjalanan kami ke Ujung Genteng, udah ngiler dari jaman kapan tau... Dan ajaibnya, kali ini, melaui suatu dialog singkat lintas kota (Bekasi-Bandung) via telepon, akhirnya kami putuskan untuk jadi berangkat ke Ujung Genteng, dengan persiapan yang hanya satu malam... (err...dulu juga waktu mau ke jogja, pagi teteleponan, besok paginya berangkat..haha).

Perjalanan dimulai dari kota masing-masing.. Dengan bermodal duit pas-pasan dan 'buta peta sukabumi' kami memantapkan diri. Saya dan Rise pergi dari Bekasi. Ya, kami janjian untuk bertemu di terminal Sukabumi (entah di belahan bumi bagian mana tuh terminal..). Bus yang kami naiki dari Bekasi sangat tragis keadaannya.. Bisa dibilang, bus yang pergi dari terminal bekasi menuju Sukabumi hanya ada 2 tiap harinya, itupun dengan kondisi bus yang abal2 mirip onggokan besi berkarat yang kalau jalan terdengar decitan (mirip besi2 yang saling beradu..). Penumpang pun hanya ada beberapa gelintir orang..

Ha...! hampir 3 jam perjalanan dengan bus Bekasi-Sukabumi, ahirnya kami sampai di terminal Sukabumi.. yaaay!! Erika dan Nanda yang sudah sampai sejam yang lalu berdadah-dadah di seberang jalan.

Karena sudah pukul 12 waktu itu, akhirnya kami shalat Dzuhur dulu di masjid terdekat. Berbincang dengan warga sekitar, menanykan tentang cara menuju Ujung Genteng, jawaban mereka selalu sama, membuat jiper dan ciut.. "Wah, neng, itu mah jauh pisan... lalala..lalala.."
Errr... tapi kami tetap nekat. Ah, daripada mengubah tujuan ke Pelabuhan Ratu lebib baik kami lanjutkan saja perjalanan...

Setelah bertanya sana-sini, akhirnya kami mendapat rute yang jelas menuju Ujung Genteng..
Firstly, dari terminal sukabumi naik angkot ke terminal Lembur Situ (kira2 20 m
enit) dengan ongkos 5rb. Dari terminal Lembur Situ, ada dua pilihan untuk mencapai Surade.. by bus or by elf. Kami memilih untuk naik minibus..(lebih enak naik minibus, karena guncangan sepanjang jalan lebih minimal dibanding dengan naik elf), ongkosnya..sekitar 20-25rb (saya lupa pastinya..^^). Perjalanannya hampir 4 jam plus berhenti istirahat di salah satu warung. Dari terminal Surade perjalanan dilanjutkan dengan angkot. Beruntung kami mendapatkan angkot terakhir(yang akhirnya mengantar kami sampai peginapan) karena saat kami tiba di Surade, matahari sudah mulai tenggelam (hwaa!! rencana sunset-ing di hari pertama gagal total..!).

Di Ujung Genteng sendiri, kita bisa memilih banyak penginapan.. Saat itu saya dan teman2 lebih memilih Pondok Hexa dengan kamar yang langsung menghadap ke pantai (kare
na waktu itu sudah terlalu gelap untuk mencari penginapan lain). Tapi menurut saya, posisinya cukup strategis...cukup mudah untuk menjangkau pantai (secara, tinggal keluar kamar, jalan sedikit... pemandangan pantai sudah terhampar jelas...hehe). Sebenernya sih, pemilihan kamarnya agak lebay.. Padahal judulnya "backpacking" yg berarti harus meminimalkan dana untuk hal2 yang kurang esensial.. eh, ini malah ngambil kamar yang ber-AC..huwee.. Ga terlalu berguna juga ACnya..karena kebanyakan waktu kan dihabiskan di luar penginapan.. Tapi jatuhnya ga terlalu mahal juga sih, karena patungan ber-4 jadinya 60rb-an aja..buat 1 malem..

Day 2:
Ini hari yang paling asyik, karena bener2 dipake buat TOUR D' UJUNG GENTENG.. meskipun pada akhirnya ga semua tempat terjelajahi..

Dimulai dari pagi2 buta.. Niatnya sih lihat maahari terbit.. Tapi ternyata ga keliatan dari laut di depan pondokan..

ini sunrise hari pertama di Ujung Genteng.. kalau dari Pondok Hexa kita bisa dapet sunset.. sunrise-nya di ujung yang satunya kali ya..^^

Tapi meskipun begitu, pagi2 setelah subuh sampai sekitar jam setengah 8 kami pakai untuk jalan2 di pinggir pantai. Air lautnya masih surut, jadi banyaknya sih main2 di pasir putih.. hoho. Oya, pantai di dekat pondokan pasirnya lumayan lembut... Lumayan asik buat main pasir.. foto2..
pantai di depan kamar.. Pantainya bersih banget..kita bisa lihat biota2 laut yang ada di dalmanya dengan sangat jelas, bahkan anak siput-pun terlihat :). dan yang lebih asyik..SEPI!! berasa private beach deh..

Setelah agak terang, kami jalan2 di sekitar pondokan untuk cari makan. Berhubung judulnya "backpacking", jadi kami cari makanan yang paling murah. Apa dinyana, yang ada hanya mi rebus campur telor.. Enak, makan mi kuah plus teh panas menghadap laut ditemani semilir angin pantai..wuih

Setelah kenyang makan, kami bersiap-siap untuk tour d Ujung Genteng.. Ambil ini-itu, nyiapin ini-itu... Sampai akhirnya benar2 siap, kami berjalan ke warung tempat kami makan tadi pagi. Berbincang dengan ibu2 pemilik warung, akhirnya didapatlah info tentang cara untuk menelusuri pantai2 di Ujung Genteng. Berhubung tuh pantai masih sepi, bukan pantai wisata dengan jalan yang juga hanya setapak, kami akhirnya memutuskan untuk naik ojeg (setelah sebelumnya sok-sokan mau jalan kaki menelusuri pinggir pantai sapai pantai yang paling ujung.. tapi ternyata setelah diliat lagi, jaraknya tuh sekitar 7 km..ma' inaaaaang... Besok pagi baru kelar kalo begni caranya). Ya, dengan sedikit tawar-menawar yang alot, akhirnya kami bisa menelusuri pantai di Ujung Genteng dengan harga 60rb (sadis!!), dengan permintaan tambahan ke Tempat Pelelangan Ikan di akhir perjalanan..

Yow.. tour d' Ujung Genteng dimulai dari pantai Cibuaya... ini pantai indah banget.. semua warna biru ada di gradasi airnya... Suki desu!!! Disini juga saya bertemu dengan anak2 UNPAD yang lagi KKN..hehe. Pantai Cibuaya ini paling enak (katanya) buat berenang..soalnya ombaknya ga besar...

kalo ini pantai yang paling saya suka di Ujung Genteng.. Pantai Cibuaya. Warnanya itu loh...gradasinya jelas pisaaaan.. indah lah... im so hypnotized here... ;)

Dari pantai CIbuaya lanjut ke pantai Aquarium. Disini jernih banget airnya..Paling asik buat belajar biologi..haha. Saya agak lupa, cuma kalau ga salah pantai ini disebut juga Pantai Tujuh Ombak, biasa dipake buat surfing.. Waktu itu juga ada serombongan bule yang lagi surfing..
Pantai aquarium.. jernih dan menawan.. hehe

Dari pantai aquarium lanjut ke pantai Pangumbahan. Tempat ini sebenernya yang paling unik. Karena kalau malam, kita bisa lihat penyu2 menepi ke daratan untuk bertelur... Ada juga tempat penetasan telurnya disini.. Tapi berhubung pagi2 dan petugasnya belum datang jadi ga bisa lihat deh..T_T. Tapi asiknya pantai ini di siang hari, kita bisa main pasir.. Soalnya pasirnya tuh hangat dan lembuuuuut banget. Bisa gugulintingan deh..apalagi sepi, jadi ga malu2.. hehe
Erika..teman seperjalanan saya..^^
Lanjut...
Hmm, dari situ, kita menuju ke pantai yang paling ujung.. ujung dari Ujung Gentengjreng2.. pantai Cipanarikan. Di Pantai ini, selain kita bisa lihat pantai, kita juga bisa lihat muara sungai (air payau). Di sini asik buat main ombak... asal jangan terlalu ke tengah aja kali ya..hehe. Di sini juga terjadi tragedi kamera nyebur ke laut.. Alhamdulllah dokumentasinya masih bisa diselamatkan dan bisa dipublish d blog saya ini.. Kamerapun tamat riwayatnya..huaaa...!! TT_TT
Dari Pantai Cipanarikan...kami kembali ke penginapan. Tapi sebelum ke penginapan kami ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Beli ikan.. seger2 banget.. fresh from the fisherman. Soalnya siang2 gini kan waktunya nelayan2 pulang ke pantai... yaiiyy!! seneng banget milih2 ikan..meski ga tau jenis2nya.main pilih aja..

Dari TPI, kami mencari rumah makan yang menerima jasa pembakaran ikan.. plus minum es kelapa.. Wuih, subhanallah, kenyang dan enaak!! Makan pun ga terlalu mahal, karena dihitung2 plus es kelapa bulet cuma 20rb..nyummm..
Setelah kenyang, kami kembali ke pondokan.. Waktunya memikirkan kamera yang nyebur...hikkkssss...

Day-3:
Going home... dengan hati yang membuncah-buncah karena seneng... Nekat pergi ke Ujung Genteng dan Subhanallah, dapet pegalaman yang sekali seumur hidup...

Kalau ada kesempatan, coba deh, liburan ke Ujung Genteng.. murah, dan ga kalah sama Bali, bahkan lebih indah..soalnya pantai2nya masih "virgin".. ga ada tuh, sampah2 yang numpuk di pinggir pantai kaya yang biasa kita lihat di pantai2 wisata...

Last..
ini nemu peta wisata Ujung Genteng... siapa tau bermanfaat...
Welcome to Ujung Genteng, "South Nirwana in Java Island^^"

5 komen:

martabakspesial mengatakan...

kerenn poto2nya trutama poto ikan bakarnya P:

yg laen dideskripsi ampe detil gitu..:D
tapi harga2nya kurang detil nihh

Gina Septiani mengatakan...

hoho, makasih martabak..saya jadi laper nih.. pesen satu dong :D

maaf ya, kalo ga detail..soalnya ngepost ceritanyanya berabad2 setelah backpackingnya.. jadi agak2 lupa:)

kalau g salah (lagi2..) perjalanan plus peginapan dll saya cuma habis 250rb..itupun gara2 nginep di hotelnya yg kamar berAC..hehe.

martabakspesial mengatakan...

wuiihhh udh dari jaman batu dong ksananya??
sedang mengumpulkan tmpt jln2 sblm puasa nih.

ehh klo mo martabak, mahal lohhh, apalagi pake dianter ke nangor :D

ryukawa mengatakan...

aslmkm
mbak kalo misal jalan kaki aja cukup gak waktu 1 jam perjalanan buat ke cipanarikan dari pantai ujung genteng nya???
jzk
bls aja ke ryukawa_mcdraven@yahoo.com

Anonim mengatakan...

ass...
gw juga blm lama ini baru dr sana,,kira2 2 minggu yg lalu..
bener2 kata orang,,, ngapain kesana..juauhhhhhh buangetttttt... lu dah gila kali ya...
perjalanan dr cicurug 7 jam naek motor,, naek turun gunung,,keujanan, baju basah trus kering dijalan...
tanya sana tanya sini(maklum g tau sm sekali jln kesana..modal nekad)..
setelah sampe sana ..subhanallah..pantainya indah bgt udah ky di lombok...
sayang perjalanan gw dikejar2 waktu..tkt nanti pulangnya udah gelap(maklum naek motor cm berdua lewatin hutan yg g jelas PJU nya)..disana kita cm menghabiskan waktu 1 setengah jam dgn perjalanan 7 jam..
tp puas bgt..next time gw kesana lagi dan hrs melihat penangkaran penyu...
maaf komentnya bnyk bgt...