7 Langkah Mencuci Tangan

" ...ada tujuh langkah, untuk cuci tangan...
mulai dari depan
sampai ke belakang..
sela-sela jariii..
buku-buku jari..
kuku-kuku jarii..
jempol-pergelangan..."

ini lagu yang biasa diajarkan oleh mahasiswa kesehatan (FK, FKG, Keperawatan, Farmasi..) saat mengajari anak2 SD di tempat KKN..
Dinyanyikan dengan nada riang "Dua Mata Saya", hehe..

Mencuci tangan..
Kedengaran simpel, namun nyatanya sangat sulit untuk diaplikasikan...
Bahkan oleh seorang dokter sekalipun yang bekerja di rumah sakit (setelah membaca buku "Better"nya Atul Gawande yang bercerita mengenai kehidupan sehari-hari seorang dokter residen bedah dan cerita dari beberapa orang dosen di kampus).

Sederhananya seperti ini, apakah setiap habis memegang sesuatu yang kotor kita langsung mencuci tangan? atau sebelum makan? atau setelah pulang dari kampus (sebelum melakukan hal-hal lain di rumah atau tempat kost?). Nyatanya, di tangan kita banyak sekali kuman yang bermukim... sebut saja flora normal di tangan atau kuman2 lain yang kita dapat entah dari orang lain di sekitar kita yang sedang sakit, dari lingkungan kita, atau bahkan dari tubuh kita sendiri (misalnya menggaruk kulit kepala..) coba bayangkan kalau kuman2 itu mencapai dosis infeksinya (dosis minimal kuman sehingga bisa membuat kita terinfeksi-sakit).

disinilah pentingnya kebersihan tangan kita.. karena dengan mencuci -atau membersihkan- tangan kita memutus rantai infeksi itu... baik lewat saluran pencernaan maupun lewat saluran pernafasan...
Soooo, mari kita mulai membiasakan diri menjaga kebersihan -minimal- tangan kita...

nah, seperti pada lagu pembuka di awal tulisan, ada 7 langkah yang benar (yang biasa -seharusnya- digunakan oleh tenaga-tenaga kesehatan) untuk membersihkan tangan sehingga tidak ada lagi spot-spot yang terlewat untuk dibersihkan...






ini nih.. area-area yang sering terlewat saat mencuci tangan dengan teknik biasa (usap-usap bilas, hehe). area warna merah & biru itu yang biasanya terlewat.








ini 7-step-of-handwashing-nya.. (jangan lupa sediakan sabun dan air mengalir ya..)
Lebih afdhal sambil nyanyi lagu yang tadi di awal..biar ga ada yg kelewat.. :p

Jangan lupa setelahnya dikeringkan dengan handuk bersih dan kering..

Oya, kalau seandainya di sekitar kita jarang ditemukan water tap atau sumber air, bawa saja hand-sanitizer yang banyak dijual di swalayan... insyaAllah sama jitunya untuk membunuh kuman... :)

Selamat mencoba.. insyaAllah bisa mencegah penularan penyakit2 infeksi...^^

2 komen:

Anonim mengatakan...

mau dong lagu 7 langkah cuci tangannya...
bisa di upload gak musiknya...

Gina Septiani mengatakan...

ga ada lagunya masmbak... nyanyiin pake nada lagu "dua mata saya" aja.. :)

Poskan Komentar

statistika

Entri Populer

Mutiara Illahi

"Allah adalah cahaya langit dan bumi. Perumpamaan cahayanya adalah ibarat misykat yang didalam misykat itu ada pelita yang besar. Pelita itu di dalam kaca dan kaca itu laksana bintang yang bercahaya sekilau mutiara. Ia dinyalakan dengan minyak dari pohon yang penuh barakah. Pohon zaitun yang tumbuh bukan di timur tidak pula di barat. Yang minyaknya hampir-hampir menyala meski tiada api yang menyentuhnya. Cahaya diatas cahaya! Allah membimbing kepada cahayaNya siapa yang Ia kehendaki. Allah membuat perumpamaan bagi manusia dan Allah Maha Mengetahui segala."(Q.S. An-Nur 35)

komenkamu


ShoutMix chat widget

inget Allah yuk..

The Traveller..

Foto Saya
Manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Tidak biasa tapi ingin membiasakan diri menulias... Masih kuliah, dan masih agak lama sepertinya untuk lulus.. Tapi yang namanya proses itu harus dinikmati.. So,i enjoy my journey to be a doctor..^^
Ada kesalahan di dalam gadget ini

waktu terus berlari..

Follower