Demam Tifoid atau yang biasa disebut tipes



Demam tifoid...
Sebenarnya kalau di Indonesia istilahnya biasa disebut dengan tifus atau tipes.. Padahal, ada penyakit lain yang memang namanya Typhus, bukan Typhoid yang kita bahas sekarang..

Demam tifoid atau disebut juga demam enterik (enteric fever) adalah penyakit multisistem yang disebabkan oleh keluarga Salmonella (paling sering disebabkan oleh Salmonella typhi..paratyphi juga bisa..). Bakteri Salmonella ini bisa menginfeksi jika kita memakan atau meminum sesuatu yang terkontaminasi oleh Salmonella, misalnya dari kotoran dan air seni orang yang sakit demam tifoid. Penularan bisa didapat dari makanan, air mentah, es batu yang tidak dimasak terlebih dahulu, daging hewan yang terinfeksi salmonella, produk olahan susu yang tercemar, dan lain-lain.
Salmonella Typhi ini sangat senang berada di lingkungan yang sanitasinya buruk dan padat penduduknya yang bisa membuat cemaran bahan makanan dengan mudahnya.

Orang-orang yang menjadi karier tifoid (yang pernah terkena demam tifoid namun tidak tuntas pengobatannya) juga bisa menularkan kepada lingkungannya melalui kotorannya (yang kemudian mencemari makanan).


Karaktreristik Klinis
Gejala klinis demam tifoid biasanya muncul 7-14 hari setelah infeksi awal.
Demam tifoid biasanya ditandai dengan gejala awal berupa demam tinggi (bisa mencapai 39-40 C). Gambaran demam pada demam tifoid adalah khas menyerupai pola anak tangga, yang makin meningkat secara progresif tiap harinya dengan (biasanya) penurunan demam di pagi hari kemudian sangat tinggi di malam hari).

Selain demam, penyakit ini biasa diikuti juga dengan sakit kepala di daerah frontal (kening), penurunan kesadaran, sakit perut, dan diare(pada minggu awal penyakit) namun kemudian menjadi sulit buang air besar (konstipasi) pada hari berikutnya.

Pasien demam tifoid juga biasanya memiliki ruam kemerahan kulit khas yang disebut sebagai "rose spot" yang terdapat pada daerah punggung, leher, atau dada.

ruam kulit yang khas pada pasien tifoid


Pada pekan kedua, biasanya pasien mengalami distensi (pembesaran) perut karena ada pembesaran dari limpa.

Pekan ketiga, demam makin parah diikuti penurunan berat badan yang signifikan, kemudian pada pekan keempat (jika pasien selamat) penyakitnya berangsur membaik, dan beberapa pasien menjadi karier dan bisa menularkan tifoid pada orang lain.

Gejala lain yang menyertai diantaranya adalah nyeri tekan pada perut, menggigil, BAB berdarah, sulit berkonsentrasi, halusinasi, perdarahan pada hidung, dan lemah


Pemeriksaan Lab & Mikro

  • Pemeriksaan darah lengkap (CBC) akan menunjukkan adanya peningkatan sel darah putih
  • Kultur darah pada minggu awal demam menunjukkan adanya bakteri Salmonella typhi
  • Tes feses (pada minggu ke-3) menunjukkan adanya bakteri--> Salmonella yg menetap di kantung empedu mulai dikeluarkan ke duodenum bersamaan dengan cairan empedu, pada karier juga bisa ditemukan Salmonella di feses..
  • Tes serologis ELISA

Penatalaksanaan....

  1. Tirah baring (bedrest total)--> untuk mencegah timbulnya komplikasi
  2. Diet--> cukup energi, makanan lunak untuk mencegah perlukaan yg makin parah di usus
  3. Farmakologis: klorampenikol (drug of choice), bekerja dengan menghambat sintesis protein bakterinya, diberikan selama 14 hari (kalau tidak salah 500mg 4x/hari).. yg lainnya ada tiamfenikol...
  4. Simtomatik: antipiretik untuk menurunkan demam, bisa dengan parasetamol.. bisa juga ditambahkan antiemetik
  5. Terapi cairan apabila gejala sudah lebih parah
  6. Penatalaksanaan komplikasinya.. seperti perforasi..

Pencegahan

  1. The very first (and important) adalah menjaga higienitas baik pribadi maupun lingkungan.. memperbaiki sanitasi..
  2. Mencegah terjadinya kondisi karier atau relaps (dengan terapi yang tepat dan tuntas)
  3. Menecegah orang dengan status karier tifoid mengelola makanan (misalnya menjadi chef, pramusaji...)


2 komen:

Obat Demam Tifoid Alami mengatakan...

terimakasih nih pembahasannya...

Unknown mengatakan...

Your website is really inspiring for me to achieve success, keep the spirit.
Cara Memilih Obat Tipes Paling Mujarab dan Aman

Posting Komentar

statistika

Entri Populer

Mutiara Illahi

"Allah adalah cahaya langit dan bumi. Perumpamaan cahayanya adalah ibarat misykat yang didalam misykat itu ada pelita yang besar. Pelita itu di dalam kaca dan kaca itu laksana bintang yang bercahaya sekilau mutiara. Ia dinyalakan dengan minyak dari pohon yang penuh barakah. Pohon zaitun yang tumbuh bukan di timur tidak pula di barat. Yang minyaknya hampir-hampir menyala meski tiada api yang menyentuhnya. Cahaya diatas cahaya! Allah membimbing kepada cahayaNya siapa yang Ia kehendaki. Allah membuat perumpamaan bagi manusia dan Allah Maha Mengetahui segala."(Q.S. An-Nur 35)

komenkamu


ShoutMix chat widget

inget Allah yuk..

The Traveller..

Foto saya
Manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Tidak biasa tapi ingin membiasakan diri menulias... Masih kuliah, dan masih agak lama sepertinya untuk lulus.. Tapi yang namanya proses itu harus dinikmati.. So,i enjoy my journey to be a doctor..^^

waktu terus berlari..

Follower