Swine Flu a.k.a Flu Babi

Hmmm....

Penasaran dengan flu babi yang mulai masuk ke Indonesia..

nemu artikel di CDC (Center for Disease Control and Prevention) tentang swine flu...
mo coba membahasakan kembali ah...

***

Novel influenza A (H1N1) merupakan virus yang baru ditemukan sekitar bulan April 2009 yang berasal dari binatang babi. Virus ini bisa menginfeksi manusia dan menular secara personal. Layaknya flu biasa yang bisa dengan sangat mudah ditularkan melaui udara.

Kenapa virus baru ni diberi nama H1N1 atau sering disebut flu babi???
virus ini diberi nama seperti itu karena hasil tes lab memnunjukkan bahwa gen-gen yang terdapat di virus ini sangat mirip dengan virus influenza yang biasa muncul pada babi di Amerika Utara. Namun kemudian, hasil penelitian menunjukkan kalau virus ini sangat berbeda dengan yang ada pada babi di Amerika Utara. Virus ini punya gen dari virus flu yang biasa ada di babi, gen avian, dan gen manusia karena terinfeksinya babi oleh keempat jenis virus(virus avian influenza, manusia, dan swine). Makanya para peneliti sering menyebut-nyebut virus baru ini sebagai "quadruple reassortant virus"

Apa saja gejala dan tanda infeksi virus ini pada manusia??
Gejalanya mirip banget sama flu biasa pada umumnya. Demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, badan terasa sakit atau pegal, sakit kepala, menggigil, dan lemas. Sejumlah pasien flu babi juga mengeluhkan adanya diare dan mual-mual.

Bagaimana caranya virus ini bisa menyebar?
H1N1 ini bisa menular dari babi ke manusia maupun sebaliknya, dari manusia ke babi.
Infeksi pada manusia terjadi terutama jika berada di dekat babi yang terinfeksi, seperti berada di kandang babi dan pada industri-industri yang berhubungan dengan babi.

Penularan dari manusia ke manusia bisa terjadi melalui batuk atau bersinnya penderita flu. Kadang, peularan juga bisa terjadi akibat seseorang menyentuh benda yang mengandung virus H1N1 kemudian setelahnya menyentuh hidung atau memasukkan tangan ke mulut. Dengan segera, virus berpindah ke calon penderita baru.

Memasak makanan sampai suhu 160°F akan mematikan virus ini.. Tapi cara yang terbaik adalah dengan tidak mengonsumsi produk olahan babi. Lagipula, buat saya sebagai seorang muslim, jelas sangat diharamkan mengonsumsi babi.. jadi,,

Cara mendiagnosisnya??
Dengan mengambil contoh spesimen dari saluran nafas penderita, biasanya dari dahak penderita, dalam 4-5 hari pertama setelah infeksi. Kemudian, spesimen akan diperiksa di lab untuk dilihat hasilnya.

Tindakan Pencegahan
Saat ini, belum ditemukan vaksin yang bisa mencegah infeksi H1N1. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara-cara seperti:
1. Saat bersin atau batuk, tutup mulut dengan tissue kemudian langsung dibuang ke temapat sampah
2. Mencuci tangan dengan air dan sabun, khususnya setelah bersin atau batuk. Bisa juga dengan menggunakan hand sanitizer.
3. Hindari kebiasaan menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan..(kecuali kalau benar-benar yakin kalau tangan kita bersih)
4. Hindari kontak langsung dengan orang yang sakit
5. Jangan keuar rumah jika mengalami sakit selama 7 hari setelah gejala timbul, sampai benar-benar bebas gejala selama 24 jam. Ini berguna untu menghindarkan penularan pada orang lain

ya..sebenarnya mudah sekali tindakan penceghannya.. Sering-seringlah mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh, terutama setelah keluar rumah dan jaga sistem kekebalan tubuh dengan makan bergizi, minum vitamin, dan jangan STRESS!!




...to be continued..

0 komen:

Posting Komentar

statistika

Entri Populer

Mutiara Illahi

"Allah adalah cahaya langit dan bumi. Perumpamaan cahayanya adalah ibarat misykat yang didalam misykat itu ada pelita yang besar. Pelita itu di dalam kaca dan kaca itu laksana bintang yang bercahaya sekilau mutiara. Ia dinyalakan dengan minyak dari pohon yang penuh barakah. Pohon zaitun yang tumbuh bukan di timur tidak pula di barat. Yang minyaknya hampir-hampir menyala meski tiada api yang menyentuhnya. Cahaya diatas cahaya! Allah membimbing kepada cahayaNya siapa yang Ia kehendaki. Allah membuat perumpamaan bagi manusia dan Allah Maha Mengetahui segala."(Q.S. An-Nur 35)

komenkamu


ShoutMix chat widget

inget Allah yuk..

The Traveller..

Foto saya
Manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Tidak biasa tapi ingin membiasakan diri menulias... Masih kuliah, dan masih agak lama sepertinya untuk lulus.. Tapi yang namanya proses itu harus dinikmati.. So,i enjoy my journey to be a doctor..^^

waktu terus berlari..

Follower