It is Very (very, very, very) Hard to Start it From the Very Beginnig

Yap…ketika kita sudah kehilangan satu saja momen yang biasa kita lakukan, kita akan sangat sulit untuk memulainya lagi. Sebut saja contoh simpelnya…Qiyamu Lail alias menegakkan malam atau sederhananya kalau di kamus otak saya definisinya adalah bangun di malam hari untuk-Nya(bisa shalat, tilawah, baca2 buku Islam…). Saya merasakan perjuangan yang amat sangat berat untuk menjadikannya sebuah kebiasaan. Menurut teori, untuk mengubah suatu hal menjadi kebiasaan itu membutuhkan waktu sekitar 40 hari (melakukan hal itu secara terus-menerus). Ketika satu hari saja terlewat untuk bangun di malam hari entah karena malas atau hal lain, pasti yang dirasakan untuk bangun malam pada hari berikutnya akan lebih sulit… Try harder to realize it..


Sekarang saya sedang berusaha untuk menerapkan konsep yang 40 hari itu untuk membiasakan lagi membaca buku..selain textbook kuliah tentunya.. Buku2 di rak mulai memanggil-manggil untuk dibaca..(berle!). Bahkan Harry Potter#7 yang sudah setahun saya pinjam belum juga dibaca…tumben2 nih…

Entah mengapa sejak saya masuk dunia perkuliahan, waktu saya untuk membaca buku seolah tidak tersisa lagi. Padahal, setiap harinya selalu ada waktu luang yang bisa dimanfaatkan. Sambil menunggu perkuliahan dimulai, menanti rapat(??), istirahat tutorial, jeda waktu antara ashar-maghrib, lebih2 kalau sedang gugur kewajiban shalat…dst dst.. Tapi, semua waktu luang itu seolah enggan saya gunakan untuk membaca. Saya cenderung (akhir2 ini) lebih memilih duduk terkantuk-kantuk di ruang tutorial, atau mengisi perut yang berkukuruyuk di kantin, atau bahkan hanya duduk2 di ruang toturial sambil menunggu tutor datang(wasting time pisan lah…). Selalu ada alasan untuk bermalasan…waduh… makin tua kok makin a produktif yah??!

Baru menyadari akhir-akhir ini… Setelah 3 setengah tahun berada di FK…Kok rasanya ilmu saya segitu-segitu aja yah?? Payah… Sering kebingungan mencari jawaban pertanyaan2 adik mentor, bingung memilih kata2, bingung menanggapi curhatan…bingung kalau tiba2 disuruh bertausyiyah… apa lagi penyebabnya kalo bukan karena makin sedikit info yang masuk ke kepala saya… atau jangan2 otak saya udah mulai degenerasi,waduhh… Seolah-olah yang berputar-putar di kepala saya sekarang hanya embriologi ini-itu, anatomi, fisiologi, patologi, farmako, differential diagnosis, CHOP, CRP… Bahaya nih…lama2 karatan deh nih otak terus-terusan disirami “zat-zat korosif” kaya gitu..hehe…
Masih banyak hal2 yang harus dimulai secepatnya…

Semangat Gin!!! Belum tentu ada hari esok buat kamu…
Just do it now..

0 komen:

Posting Komentar

statistika

Entri Populer

Mutiara Illahi

"Allah adalah cahaya langit dan bumi. Perumpamaan cahayanya adalah ibarat misykat yang didalam misykat itu ada pelita yang besar. Pelita itu di dalam kaca dan kaca itu laksana bintang yang bercahaya sekilau mutiara. Ia dinyalakan dengan minyak dari pohon yang penuh barakah. Pohon zaitun yang tumbuh bukan di timur tidak pula di barat. Yang minyaknya hampir-hampir menyala meski tiada api yang menyentuhnya. Cahaya diatas cahaya! Allah membimbing kepada cahayaNya siapa yang Ia kehendaki. Allah membuat perumpamaan bagi manusia dan Allah Maha Mengetahui segala."(Q.S. An-Nur 35)

komenkamu


ShoutMix chat widget

inget Allah yuk..

The Traveller..

Foto saya
Manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Tidak biasa tapi ingin membiasakan diri menulias... Masih kuliah, dan masih agak lama sepertinya untuk lulus.. Tapi yang namanya proses itu harus dinikmati.. So,i enjoy my journey to be a doctor..^^

waktu terus berlari..

Follower